Naskah Ceritera : RAF . Naskah Karawitan : Mang Koko
Bersumber dari Carpon Ruhak Pajajaran karangan Saleh Danasasmita
SINOPSIS (I)
Pada tahun 1579 dalam rangka penyebaran Agama Islam, tentara Banten dibawah Imam Sultan Yusuf, tanpa banyak kesulitan (karena di Pajajaran sendiri telah banyak pemeluk Agama Islam) merebut kota Pakuan, ibukota Pajajaran.
Oleh karena itu, Pajajaran yang dipegang oleh Prabu Siliwangi terakir (Prabu Nu Sia Mulia, kelak bergelar Prabu Seda, bertahta tahun 1559 -1579) runtuhlah.
Prabu Siliwangi atas nasihat Staf Pimpinan Negara, meninggalkan Pakuan kea rah selatan, dilindungi oleh putri bungsunya yang bernama Purnamasari yang pada saat itu sedang mengandung, bertugas menjadi Kepala Pengawal Karaton (Huhulu Puragabaya); disertai oleh suaminya Senapati Kumbang Bagus Setra dan Senapati Utama Pajajaran Rakean Kalang Sunda; menahan dan mematahkan serangan lawan yang hendak mengejar Prabu Siliwangi.
Kumbang bagus setra gugur, sedang Rakean Kalang Sunda juga hilang, Purnamasari dengan Kujang Pusaka Pajajaran ditangannya, terlepas dari induk pasukan, kemudian menetap di Cidadap.
Disana pulalah Purnamasari melahirkan putrinya yang kemudian diberi nama Mayang Sagara, karena demikianlah amanat suaminya sebelum meninggal dalam pertempuran….
(I)
GENDING
Di perbatasan kota Pakuan Pajajaran waktu siang hari. Latar belakang api menyala menandakan kota pakuan Pajajaran dilalap api.
Prabu Siliwangi dengan muka yang tidak begitu cerah dihadapi oleh staf Pimpinan Negara yang juga kelihatan tidak bergembira. Semuanya berpakaian siap tempur. Payung keagungan masih memayungi sang raja. Semua yang hadir penuh perhatian, sang raja menarik Kujang Pusaka.
PRABU SILIWANGI Samangsa aya awalna, pasti pinanggih jeung Lamun aya mimitina, tungtungna pasti kapanggih Kawas ayeuna buktina, geus kitu takdir Dewa Gung Riwayat Pajajaran, saat tamatna Tekad kula rek tandang, anggeus-anggeusan |
RAKEAN KALANG SUNDA : Nyanggakeun laksa duduka, kacindekan abdi-abdi Kenging nimbang matang pisan Gusti mugi ngantun nagri PRABU SILIWANGI : Engke heula tacan ngarti, andika ngajurung nguncung Siliwangi ngandar jangjang ? Bet nitah jejerih pati? Wirang temen ku anak incu turunan RAKEAN KALANG SUNDA: Cadu mun borangan tandang, Cadu mun borangan tandang Mung etangan abdi abdi Pajajaran kahuruan |
BAGUS SETRA: Ruhay ruhakna tong leungit Ruhak masing dengdeng seungit RAKEAN KALANG SUNDA : Gusti teh ruhak lulugu Demi ruhak Pajajaran pantrang rek ilang ku anginna Lamun karep ngagedur jadi durukan Ngagedur jadi durukan RAMPAK SEKAR : Ruhak Pajajaran, Ruhak Pajajaran Pajajaran urang Lamun karep baris kongang ngagedur jadi durukan Ruhak Pajajaran, Pajajaran urang Mo ilang ku angin datang |
GENDING
Emosi Bagus Setra dan ditegaskan oleh Rakean, membangkitkan semangat para prajurit Pajajaran, dalam ketegangan emosi sang Prabu dengan lirih berkata
PRABU SILIWANGI : Tutup payung Pangayoman RAKEAN KALANG SUNDA : Kangjeng gusti jeung pangiring Kapalih kidul angkatna Keun putri Purnama Sari, Puragabaya nagari Nu megat kebatna musuh PRABU SILIWANGI : Tulang tonggong Pajajaran, Ieu Kujang Siliwangi Geura cepeng ku Purnama Sari tandang Kula mere kalonggaran, Sing saha nu moal ngiring, hayang tetep di Pakuan Estu longgar pek teh teuing, jadi Islam masing tigin Wangsit kula nu panutup, Handaru Pajajaran Omat sing natrat tong leungit Pantrang pareum, pantrang pareum Ruhak Pajajaran Urang |
GENDING
Prabu Siliwangi menyerahkan Kujang Pusaka pada Purnama Sari, sebelum berpisah Prameswari dan Prabu siliwangi mengusap dan mencium kepala Purnama Sari tanpa berkata-kata. Kemudian mereka berjalan pelan-pelan dengan diikuti beberapa orang pengiringnya, diikuti pandangan yang ditinggalkan dengan sedih.
Tiba-tiba Purnama Sari bangkit, menyadarkan semua yang hadir.
PURNAMASARI Cimata aya waktuna, sungkawa aya tempatna Keur ngumbar gerentes rasa Waktu nu kiwari aya, ngan keur lengkah anu nyata Lengkah keur poe ayeuna |
GENDING
Suara bersama “Allohu Akbar! Allohu Akbar, mulai terdengar dari jauh, kian mengeras, kian mendekat. Gending kian keras bersama suara Allohu Akbar. Tentara dan rakyat Pakuan mengundurkan diri ke hutan, seorang pegang Panji Pajajaran. Purnama Sari pegang pimpinan pertempuran. Kujang dipinggangnya dan busur ditangannya serta kantung anak panah dipunggungnya. Bersamanya tampak a.l. suaminya (Kumbang Bagus Setra), Senapati Rakean Kalang Sunda, Ambu Sutia, Nyi Santini dan Nyi Wantika serta beberapa orang prajurit.
PURNAMASARI Kakang Kumbang Bagus Setra, Sing sayaga palih dinya Kang Rakean Kalang Sunda, Pegat ki Jaya Antea Kuring rek ka palih kenca BAGUS SETRA: Bojo kakang sing iatna |
GENDING
Datang lagi rakyat Pakuan yang mengungsi
Purnama Sari dengan para pengasuhnya antara lain Ambu Sutia, Nyi Santini dan Nyi Wantika melepaskan anak panah dengan gagah berani.
Suara Allohu Akbar tetap terdengar, sebentar jauh sebentar dekat, kemudian suara takbir itu kian melemah…kian jauh. Tanda bahwa para penyerang telah meninggalkan tempat itu kembali ke Pakuan.
Purnama Sari dan pengikut-pengikutnya menariki nafas lega, panji dilipat dan disimpan. Tiba-tiba datang orang yang membawa usungan berisi Bagus Setra. Purnama Sari kaget lalu menghampirinya, kepala Bagus Setra dalam pangkuan Purnama Sari
PURNAMASARI : Panutan Kang Bagus Setra, Kakang tiwas geus waktuna Ku tumbak Jaya Antea, Mantri Jero urang tea BAGUS SETRA : Enung ulah cisocaan, kapantrang putra Pakuan Bayi urang na kandungan, mun gelar ka pawenangan Lamun istri bere ngaran Si Nyai Mayang Sagara Mun lalaki, jujulukna Ki Bagus Indra Buana Mun nanya mana bapana, bejakeun bapa keur nyaba Susul ku amal nu nyata Mun cenah hayang patepang Bawa heab lelentaban, ruhay ruhak Pajajaran |
GENDING
Bagus Setra memaksakan diri bangkit dan tersenyum kemudian menghapus air mata Purnama Sari. Purnama Sari juga memaksakan diri tersenyum, setelah Bagus Setra menyerahkan senjatanya (sekin) kemudian memegang perut istrinya, lalu terkulai meninggal dipangkuan istrinya.
Tidak berapa lama Purnama Sari bangkit, membangunkan semangat pengikutnya, dengan pandangan mata yang tajam
PURNAMASARI Eureunkeun kabeh cimata Panutan ki Bagus Setra, teu resep nenjo cimata Kamana kang Kalang Sunda? NYI SANTINI : Tadi mah los ka kulonkeun KI JIBJA : Euleuh urang cuang cieung PURNAMASARI: Aeh naha cuang cieung, ari ieu pibatureun Bahan ruhak Pajajaran, dianggap teu kumelendang Hayu urang kebat leumpang, indung suku keur padoman |
GENDING PANUTUP BAGIAN KAHIJI
SINOPSIS (II)
Enam tahun setelah itu.
Purnama Sari bukan lagi Putri Raja yang disembah. Ia sekarang menjadi Puun (Kepala Kampung) Cidadap, sebuah babakan (perkampungan baru) yang mereka bangun.
Perkampungan itu letaknya tidak jauh dari pantai Palabuanratu, diseberang jembatan Bagbagen sekarang.
Tenang sekali keadaanya, hingga pada satu waktu datang BAJAK LAUT (BAJO) yang dibantu kompeni Belanda, hendak menghancur luluhkan Cidadap, yang oleh penghuninya bukan dianggap sebuah babakan, melainkan sebuah TUNAS PAJAJARAN…………
(II)
GENDING
Keadaan perkampungan Cidadap di malam hari ketika bulan purnama, suara ombak terdengar lirih. Ada mojang-mojang sedang menganyam. Para pemuda mengerjakan sesuatu sambil mengelilingi pemain kacapi, di tempat-tempat lainnya memperlihatkan ketenangan dan suasana yang damai.
Santini dan Wantika duduk di depan rumah Nyi Puun(Purnama Sari)
ANGGANA SEKAR PA : Banjar karang pamidangan, nagara ancik-ancikan Lembur matuh panglayungan, endah teh taya tandingna ANGGANA SEKAR PI : Tur keyeng mikaheman, iraha rek kabuktian Batur mah puyang payengan, marudah taya mendingna RAMPAK SEKAR PA : Bangun amis gedang panjang, hanjakal parentil pisan Ku gareulis mojang urang, hanjakal carentil pisan RAMPAK SEKAR PI : Sambel goang panggang hurang, teu seep dituang hanyir Sebel pisan bujang urang, gumasep hayang kataksir ANGGANA SEKAR PA : Nanggung suluh ti Ciherang, nu panjang geus dibeungkeutan Bangun tunduh mojang urang, kahayangna dikeukeupan ANGGANA SEKAR PI : Mun jambe dibeungkeutan, dijingjing dina ayakan Mun ge hayang dikeukeupan, lain kunu teu uyahan RAMPAK SEKAR PI : Cimandiri Cihaliwung, Pakuan di Pajajaran Ti tebeh Baranangsiang, Bantarjati Kedunghalang RAMPAK SEKAR PA/PI : Nya diri wuwuh bingung, panutan iraha tepang Teu weleh ngabarungsinang, buah ati kumalangkang Puun (Purnama Sari) keluar dari rumahnya, terhanyut dengan nyanyian yang dinyanyikan oleh para pria dan wanita Bantar jati dibeh girang, usaha ka Kedunghalang Buah ati Pajajaan, iraha urang rek tepang |
RAMPAK SEKAR PA/PI : Tungguan, deudeuh tungguan Kaso pondok kaso panjang Pakuan dayeuh Pakuan Kuring sono bebeakan |
GENDING
Semua yang ada berhenti dari pekerjaannya, perhatian tertuju ke Nyi Puun yang tekenang akan Pakuan Pajajaran setelah mendengar nyanyian mereka.
SANTINI : Hapunten keur gogonjakan, ngalongsongkeun pipikiran PURNAMASARI : Taruluykeun hegar pisan Ngan cing milih kekecapan, tong ngawawaas emutan Tong mawa-mawa Pakuan Lain ngan wungkul Babakan, tapi sirung Pajajaran Handaru dayeuh Pakuan, ruhak jati pamelaran Tong nangtang cimata ragrag, midangdam kalangkang murag Alam tukang beunang urang, nu ayeuna pan jang urang Alam datang hanca urang, sajarah garapan urang |
GENDING
Suasana dibawa gembira lagi, semuanya termasuk Nyi Puun. Kemudian turut bernyanyi.
RAMPAK SEKAR PI : Lamun beurang kuring teang, hayang ngiring ka muara Puun urang teh ngagenclang, dumeling lir mutiara RAMPAK SEKAR PA : Lamun beurang ka Cinangka, nyarita pajar rek moro Puun urang teh mustika, permata luar jeung jero RAMPAK SEKAR PA/PI : Jariji panangan kanan, make ali mata tilu PURNAMASARI : Muji kalangkungan pisan, pamali matak kasiku RAMPAK SEKAR PA/PI : Kujang panjang ngagurilap, sarwa herang jeung ngagenclang Mojang bujang Cidadap, sarua gandang pertentang. |
GENDING
Tiba-tiba dalam keriuhan suara gelag tertawa, Jibja berdiri, memberi isyarat kepada semua supaya diam
KI JIBYA Sakedap rarepeh heula Asa aya dedengean, sora kohkol hawar-hawar ……….. sidik kentrong hawar-hawar |
Semua suara termasuk gending berhenti kecuali suara kentongan yang terdengar sangat jauh sekali. Semua yang ada heningdan berdiri melihat kea rah Ki Jibja. Hanya Nyi Puun yang kelihatan tenang, tapi juga melihat kearah jauh. Setelah agak jelas mereka saling memberi tahu terdengar riuh tetapi halus
RAMPAK SEKAR : Hawar, hawar, sidik tingtung hawar-hawar Heueuh tanda hawar-hawar, bener iber hawar-hawar Hawar, hawar, enya kentong hawar hawar Lain kentong hawar-hawar, puguh kohkol hawar hawar Hawar, hawar, hawar, hawar Sidik tah tingtung tanggara, sorana angina-anginan, tanggara iber keur urang, isarah kudu caringcing Sidik tah, enya sidik kentong tanggara Sorana kawas iberan Bener tah, kohkol tanggara angina-anginan |
GENDING
Semua diam. Sebentar-sebentar melihat kea rah datangnya suara, sebentar pula pada Nyi Puun.
PURNAMASARI : Cing rarepeh heula, jep! Ulah aya nu nyarita, ssst! Asa kentong tanda bahla tah |
GENDING
Suara kentongan kian jelas, selanjutnya terdengar bersahut-sahutan. Kian dekat, akhirnya suara kentongan makin jelas sekali. Semua menjadi gugup. Bahkan Nyi puun sendiri tidak begitu tenang lagi.
KI JIBYA Tetela kentongan bahla, leuh Itu saha anu lumpat tuh Sakolepat siga Karyat, yeuh DUA PA : Nu lumpat sidik Mang Karyat DUA PI : Henteu salah tuh Mang Karyat, deuh DUA PA/PI : Tuh kadieu geuwat,geuwat, leuh DUA PI : Mang Karyat kunaon lumpat, nya? DUA PA : Mamang Karyat na’ bet lumpat, nya? DUA PA/PI : Lumpatna tibuburanjat nya? |
GENDING
Karyat datang hampir pingsan saking cape berlari , kemudian bersimpuh di depan Nyi Puun, berkata tidak berujung pangkal
MANG KARYAT : Agan Putri, eh Nyi Puun Nyai Putri, eh, Gan Puun Nyai Agan, Putri Puun PURNAMASARI : Eta kalah dirariung, Lain tulung bere nginum KI JIBYA : Pabeulit Putri jeung Puun |
GENDING
Mang Karyat setelah diberi minum kemudian dengan terputus-putus berkata lagi, hingga sukar dimengerti
MANG KARYAT : A..a..ya..ba..ba..bajo, ti..ti.titi..la..la..laut A..a..arek..nga..ngajorag..ka..ka lembur..u..u..urang Seu..seu..seueur pi..pi..pisan A..a..aya..Ba..ba..Bajo… |
Purnama Sari menjauh didampingi oleh Santini dan Wantika, bicara “ngagereyem”. Yang lainnya mengerumuni Karyat yang terus bercerita tanpa terdengar. Ada juga yang terus melihat kearah laut.
PURNAMASARI : Natrat ilapat papait Baris aya riributan Ti laut kaerong tembong Baris dijorag karaman Bajo dibantu olanda Deudeuh nu keur jongjon hirup Kudu geus meunang cocoba KI JIBYA : Duh putri, eh Puun kuring Cenah Bajo jeung Olanda, mawa pakarang ranggeteng PURNAMASARI : Enya Bajo jeung Olanda, kuring terang ti anggalna Ti mangkukna keur menekung, aya ilapat ngolebat |
GENDING
Penduduk Cidadap gelisah. Berkata antara saling bertanya dan monolog.
RAMPAK SEKAR : Aya Bajo jeung Olanda Euleuh Bajo jeung Olanda, Leuh euleuh cenah Olanda, Si Bule urang Walanda |
GENDING
Nyi Puun memandang mereka yang gelisah dengan penuh kasih sayang
Mata Nyi Puun sayu. Air mata tertahan, tapi nyata sudah tergenang. Berkat dengan tenang sekali. Yang mendengarkan semua menundukan kepala dan memperhatikan, kata-kata Nyi puun penuh wibawa, tegas meskipun diucapkan dengan tenang.
PURNAMASARI : Rek sieun atawa ludeung, rek teuneng atawa keueung Taya lahan pimundureun, mapagkeun musuh hareupeun Mutlak darma dina leungeun, kawajiban lakonaneun Eleh boh unggul temahna, rugi boh untung hasilna Dalah sirna raga nyawa, lantaran nohonan darma Sing pasrah kumaha behna, teu kudu terang memehna |
GENDING
Semua yang mendengarkan serentak menegakan kepala, lurus memandang ke depan semangat kepala
Semua serempak bergelora dalam suara, sikap, wajah dan dalam pandangan mata
Nyi puun memperhatikan dengan bangga yang memenuhi hatinya
GENDING
Purnama Sari dengan tenang masuk ke rumahnya, berangusr-angsur tanpa bicara yang lainnya bubar meninggalkan tempat, tinggal sepasang remaja (Asmanah dan Jumanta) yang tampak bimbang. Keduanya bicara dengan sungguh-sungguh.
JUMANTA : Impian Nyai kamari, nu dicaritakeun tea ASMANAH : Eu .. eu..Impian? JUMANTA : Eta tea geuning, urang pangantenan Nu ceuk nyai kapegatan, ku imah nu kahuruan ASMANAH : Ulah sasauran kitu Pan saur kakang ge riwan Ulah ngalitkeun panggalih Urang ngiring ngabring tandang JUMANTA : Sukur nyai ageung manah, Yu urang ngahanca darma Lamun diparengkeun hirup Urang gancang pangantenan |
GENDING
Penduduk Cidadap berkumpul lagi, ada yang membersihkan senjata, ada yang bersiap-siap akan pergi, ada pula yang mohon diri kepada keluarganya. Purnama Sari keluar rumah menggunakan pakaian perang yang digunakan enam tahun yang lalu. Berjalan mendekati putrinya yang sedang tidur di pangkuan Ambu Sutia, menciumnya. Kemudian mengeluarkan Kujang, Sekin dan Busur. Ditatapnya senjata itu satu demi satu, kemudian berkata (monotone)
PURMANASARI : Tulang tonggong Pajajaran, wayahna digawe deui Keur nanjeurkeun kahormatan, seke seler Siliwangi Kakang bagus neda widi, kangjeng rama nyuwun tulung Ieu tunggul Pajajaran, rek sina ngelebet jurit Keur pangjejer ruhay, ruhak Pajajaran |
GENDING
Orang-orang yang berpakain prajurit datang mendekati Purnama Sari kemudian menyembah. Penduduk terkagum-kagum melihat penampilan Nyi puun dengan pakaian kebesarannya, kemudian menunduk dan ikut menyembah, kemudian berbicara dengan yang didekatnya (bernyanyi bersahut-sahutan)
RAMPAK SEKAR PA/PI : Itu lain putri urang, putri bungsu Pajajaran Putri Puun ku kayungyun, perceka, Santana Jangjing (langsing) mencrang (lenjang) Tandang (gandang) kewes (payus) Nu manjangkeun rundayan Tuturus dayeuh pakuan |
GENDING
Purnama Sari berdiri sebentar, tersenyum menyuruh dengan isarat supaya semuanya berdiri. Purnama sari didampingi putrinya yang masih kecil, Mayang Sagara.
PURNAMASARI : Ki Jibya, olot wayahna. Tong milu mapag Olanda Bawa Nyi Mayang Sagara, anak kuring jimat rasa Di tonggoh tungguan kula KI JIBYA : Kuring mah kuma pangersa PURNAMASARI : Anaking Mayang Sagara, Nyai mah jeung aki Jibya Ieu dangiang Pajajaran. Mangka nyai nu kagungan Silalatu Pajajaran, di anaking baris manjang |
GENDING
Ambu Suti memegang tangan Mayang Sagara. Sebelum pergi di bawa Ki Jibya dan Ambu Suti, pipinya dicium oleh Nyi Puun. Setelah kepergian Ambu Suti, Purnama Sari mengatur pasukannya dan sebelumnya berkata-kata.
PURNAMASARI : Aya ilapat ngiberan Mun engke urang keur tandang Gok tepang jeung kaanehan, eta teh balabantuan Ti kangjeng rama ti Sancang, jirimna boreleng belang Jumanta pageuh cekelan, ieu lambing kahormatan Tunggul Pajajaran urang …..sora kohkol… Tah tanda musuh geus datang Hayu ngabring babarengan Gedurkeun Ruhak Pakuan RAMPAK SEKAR : Ruhak Pajajaran, Ruhak Pajajaran Pajajaran urang Lamun karep baris kongang Ngagedur jadi durukan Ruhak Pajajaran, Pajajaran urang Mo ilang ku angina datang |
GENDING PENUTUP BAGIAN KADUA
SINOPSIS (III)
Dengan gagah berani rakyat Cidadap menghalau serangan bajak laut yang dibantu oleh kompeni Belanda. Dalam menghalau serangan ini, orang Cidadap bukan lagu rakyat kampong yang halus dan merendah tetapi menjadi pemebrani seperti prajurit-prajurit Pajajaran. Ruhak (Bara) Pajajaran menyala membakar hingga Bajak Laut terusir kembali meninggalkan korban yang tidak sedikit. Juga di pihak Cidadap sendiri berjatuhan korban, diantaranya Mayang Sagara putri tunggal Purnama Sari hilang tak tentu rimbanya………
GENDING
Rombongan yang telah berperang kembali ke kampong Cidadap. Ada yang luka parah, jalannya sempoyongan, ada yang dipapah temannya. Disambut oleh keluarganya, kemudian lukanya diobati. Purnama Sari dengan pembawa Panji (Jumanta) yang pakainnya tidak karuan berjalan gontai hampir-hampir jatuh. Nyi Amanah memburunya kemudian membantu memapahnya. Waktu Nyi puun datang mereka berusaha berdiri tetapi tidak kuat dan duduk kembali. Kemudian datang Ki Dibya dengan tergopoh-gopoh memberi laporan.
KI JIBYA : Nu paeh ti pihak musuh, aya tilu puluh tujuh PURNAMASARI : Ari ti urang nu tiwas KI JIBYA : Geus kapendak genep welas Ditambih nu tatu beurat Dalapan lamun teu lepat PURNAMASARI : Kumaha Mayang Sagara KI JIBYA : Aya nu aneh kacida Mayit musuh seuseurna gorowong lebah tonggongna, eu PURNAMASARI : Kumaha Mayang Sagara KI JIBYA : Eu .. eu . eu .. eu.. Nu mawi eu. PURNAMASARI : Kuma bejana? Kumaha Mayang Sagara KI JIBYA : Eu .. eu sadaya-daya PURNAMASARI: Kumaha? Pek Ngomong? KI JINYA : Eu .. laksa duduka Teu katangen mimitina Putri teh ngiles teu aya Duka kamana angkatna Dikotektak dipilari Weleh teu kapendak deui Ilang dugi ka ayeuna |
KI JIBYA : Kuring ngeprak sarera Sangkan ngasruk milarian PURNAMASARI : Olot teungteuingeun teuing …………………………………….. kadar titip budak hiji, titip getih Siliwangi KI JIBYA : Sugri hukuman katampi PURNAMASARI : Mun Mayang Sagara ilang Pan inyana nu rek manjang Silalatu Pajajaran Pan Mayang Sagara pisan Nu baris jadi pamanjang Handaruna Pajajaran Rek tetep rek ganti ngaran Ngan handaru Pajajaran Ulah ilang kudu manjang RAMPAK SEKAR : Sadaya ayeuna pisan. Rek nyaksrak milarian Mayang Sagara sing tepang, ulah alit mamanahan Kuring sadaya rek leumpang, Memeh pendak moal mulang |
GENDING
Purnama Sari dengan isyarat melarang pergi mereka, kemudian menyuruh duduk dan diam. Lalu Purnama Sari duduk bersemedi.
Di kegelapan malam tampak cicika berkedip-kedip, dia menunjuk kea rah tersebut, semua memperhatikan. Purnama Sari berdiri perlahan-lahan kemudian tersenyum dan berkata dengan jelas dan tenang
PURNAMASARI : Ilapat matak bungangang Olot Jibya geura hudang Tuh cicika nyay-nyayan Kunang kunang kikiceupan Cicika tuh taluturkeun Kunang kunang tuh turutkeun Mayang Sagara teu jauh Cicika mere pituduh Kangjeng rama kuring nuhun Pangasih rama kasuhun Urang Sancang sok kantunkeun Mayang Sagara haturkeun Cicika tuh taluturkeun Kunang-kunang tuh turutkeun Mayang Sagara teu anggang Dijaga dulur ti Sancang: RAMPAK SEKAR : Lagu…….. RUHAK PAJAJARAN………….. fade out….. |
GENDING PAMUNGKAS KATILU